Sabtu, 07 Mei 2016

Penyebab Kemunduran Management Blackberry dalam Menghadapi Persaingan Bisnis [Siti Nur Khasanah - 30814070 (4.2 DS)]

UTS IT Management

STUDI KASUS :
  1. Berikan penjelasan tentang Profil Perusahaan Organisasi (Company Profil) yang telah anda tuliskan pada tugas sebelumnya.
  2. Buat point to point dari kekuatan, persaingan yang ada dan kekurangan yang anda temukan dari perusahaan tersebut.
  3. Lakukan analisis dari terjadi kegagalan/kemunduran dari perusahaan tersebut dengan menggunakan Root Couse Analysis dengan metode Failure Mode and Effect Analysis Fishbone Diagram.


Jawaban


1. COMPANY PROFIL / Profil Perusahaan Organisasi (BLACKBERRY)

BlackBerry Limited, sebelumnya dikenal dengan nama Research In Motion Limited,[3][4] adalah sebuah perusahaan perangkat telekomunikasi dan nirkabel asal Kanada yang dikenal sebagai pengembang produk telepon pintar dan tablet BlackBerry. Perusahaan ini berkantor pusat di Waterloo, Ontario, Kanada. Perusahaan ini didirikan oleh Mike Lazaridis, yang menjabat sebagai co-CEO bersama Jim Balsillie sampai 22 Januari 2012. CEO-nya sekarang adalah Putra irawan.

SEJARAH
Research in Motion didirikan pada tahun 1984 oleh Mike Lazaridis. Nama ini terinspirasi dari kata-kata "poetry in motion" yang ia temukan dalam artikel sepak bola di sebuah surat kabar.[5]
Perusahaan ini bekerja sama dengan RAM Mobile Data dan Ericsson untuk mengubah jaringan data nirkabel Mobitex milik Ericsson menjadi jaringan pager dua arah dan surel nirkabel. Hal utama yang berperan penting dalam pengembangan ini adalah peluncuran Inter@ctive Pager 950 pada Agustus 1998. Tentang ukurannya yang mirip batang sabun, perangkat ini bersaing ketat dengan jaringan pager dua arah SkyTel milik Motorola.
Perkembangan awal RIM dibantu oleh sejumlah investor Kanada pada tahun 1995 melalui pembentukan perusahaan swasta. Working Ventures Canadian Fund Inc. melakukan investasi pertama[6] senilai C$5.000.000 untuk menyelesaikan pengembangan perangkat keras dan lunak pager dua arah RIM. Kucuran dana pra-IPO sebesar C$30.000.000 berhasil dikumpulkan oleh perusahaan ini sebelum melakukan penawaran umum perdana di Bursa Saham Toronto pada Janauri 1998 dengan simbol RIM.[7]

Peluncuran BlackBerry dan pertumbuhan perusahaan
Pada tahun 1999, RIM memperkenalkan pager BlackBerry 850. Dengan nama yang merujuk pada kemiripan papan ketiknya dengan buah beri hitam, alat ini mampu menerima surel masuk dari server Microsoft Exchange dengan perangkat lunak servernya, BlackBerry Enterprise Server (BES). Peluncuran BlackBerry menjadi awal dari jajaran produk korporat masa depan perusahaan ini, seperti BlackBerry 957 pada April 2000, telepon pintar BlackBerry pertama. Platform BlackBerry OS dan BES terus ditingkatkan fungsionalitasnya, sementara enkripsi dan S/MIME membantu popularitas BlackBerry di kalangan pemerintahan dan korporasi.[8][9]

Tak lama kemudian, RIM memperkenalkan perangkat BlackBerry untuk konsumen dengan meluncurkan BlackBerry Pearl 8100, telepon BlackBerry pertama yang dilengkapi fitur multimedia seperti kamera. Peluncuran jajaran produk Pearl sangat sukses, tetapi peluncuran iPhone oleh Apple Inc. mendorong RIM membuat telepon pintar layar sentuhnya sendiri pada tahun 2008, BlackBerry Storm. BlackBerry Storm gagal di pasar konsumen, namun produk BalckBerry terus menuai sukses di pasar korporat.[8] Pada Mei 2010, BlackBerry memiliki pangsa sistem operasi telepon pintar sebesar 10,4%.[10]
Bulan Oktober 2008, RIM masuk dalam daftar "Canada's Top 100 Employers" oleh Mediacorp Canada Inc. dan majalah berita Maclean's.[11]
RIM memperkenalkan diri ke seluruh dunia dengan membuka fasilitas baru di North Sydney, New South Wales, Australia pada Februari 2009. Kantor baru RIM secara resmi dibuka oleh Thomas A.MacDonald, Konsul Jenderal Kanada, dalam acara peresmian yang dihadiri pejabat pemerintah New South Wales dan North Sydney Council, serta mitra dan pelanggan RIM. Kantor baru ini memiliki fasilitas pelatihan, pusat riset dan pengembangan, pusat pemasaran mitra strategis dan layanan bantuan teknis.[12]
Tanggal 18 Agustus 2009, Fortune menyebut RIM sebagai perusahaan yang pertumbuhannya tercepat di dunia dengan kenaikan laba sebesar 84% dalam kurun tiga tahun meski terjadi resesi.[13]
Tanggal 27 September 2010, RIM meluncurkan komputer tablet BlackBerry PlayBook. BlackBerry PlayBook secara resmi diluncurkan ke pasar Amerika Serikat dan Kanada pada 19 April 2011.
Pada 30 Juni 2011, dorongan investor agar perusahaan ini menghapus struktur CEO gandanya dibatalkan setelah berhasil mencapai kesepakatan dengan RIM. RIM mengumumkan bahwa setelah menjalani diskusi, Northwest & Ethical Investments akan menarik proposal pemegang sahamnya sebelum rapat tahunan RIM.[14]
Pada tanggal 10 Oktober 2011, RIM mengalami salah satu gangguan layanan terburuk sepanjang sejarahnya. Sepuluh juta pengguna BlackBerry di Eropa, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Utara tidak dapat menerima atau mengirim surel dan pesan BBM melalui telepon genggam mereka.[15] Gangguan ini diakibatkan oleh matinya saklar inti.[16] Layanan ini kembali pulih pada 13 Oktober dan RIM meluncurkan paket aplikasi premium gratis senilai $100.[17][18]

Tanggal 22 Januari 2012, RIM menyatakan bahwa CEO-nya, Jim Balsillie dan Mike Lazaridis, telah mengundurkan diri. Mereka digantikan oleh Thorsten Heins.[19]
Pada 29 Maret 2012, RIM melakukan tinjauan strategis[20] terhadap strategi bisnis masa depannya.[21] Sebagai bagian dari perombakan manajemen, mantan CEO Jim Balsillie mengundurkan diri dari dewan RIM seiring keluarnya David Yach, CTO untuk divisi perangkatl unak, dan Jim Rowan, COO untuk operasi global.
Setelah empat tahun berselisih dengan pemerintah India, RIM setuju memberikan kunci enkripsi untuk layanan surel perusahaan dan sistem kirim pesannya yang populer. Perusahaan ini menciptakan solusi yang mampu menyadap pesan dan surel antara perangkat-perangkat BlackBerry dan memberikan akses komunikasi terenkripsi ini ke badan keamanan India.[22]






2. POINT TO POINT Kekurangan dan Kelebihan dari BLACKBERRY

#. Kelebihan Blackberry :

1. Fitur :
Blackberry mempunyai beberapa fitur unggulan yang barangkali tidak semua smartphone merk lainnya memiliki, diantaranya :
Memiliki fungsi full backup/recovery yang berfungsi mempermudah pengguna untuk membackup data-data penting.
Jika pengguna Blackberry mengganti devicenya dengan yang baru, pengguna hanya perlu menggunakan fungsi change device sehingga data-data penting beserta setting serta software-software dari pengembang pihak ketiga (jika kompatibel) bisa terkopi dengan mudah di device Blackberry yang baru.
Fungsi Autotext, ketika Anda mendefine keyword kemudian mengasosiasikan dengan isi pengganti yang biasanya berisi text atau character yang panjang, dan digunakan dengan mengetikan keyword, maka isi pengganti akan menggantikan keyword tersebut. Misalnya Anda mendefine autotext home, ketika user ketik, digantikan dengan alamat lengkap, RT dan RW, nomor telepon, kode pos, dll yang Anda inginkan.
Fungsi search nya sangat powerfull untuk menemukan di field manapun dari nama, subject bahkan content, sehingga membantu user menemukan hal yang  dicari.
Profile yang sangat fleksibel, misalnya untuk setiap account email, sms, mms, phone, dan facebook dapat diatur jenis-jenis ringtone atau jenis vibrate dan led sign nya.

2. Keamanan
Jika fungsi password diaktifkan, misalnya terjadi pencurian atas blackberry tersebut, pencuri yang salah memasukan password akan menghapus seluruh data (wipe) di blackberry yang di curi tersebut, sehingga data-data penting yang ada tidak mudah diambil atau dimanfaatkan oleh orang lain.
Fitur firewall yang ada pada Blackberry sangat efektive dalam memblok sms/mms/phone call yang tidak di inginkan.

3. Multi media
Fitur BBM (Blackberry Messenger) merupakan fitur unggulan yang sangat bermanfaat bagi penggunanya. Chatting dapat dilakukan dengan nyaman di lewat BBM ini, dimana BBM tidak hanya menyediakan fungsi chatt type, tetapi juga menyediakan send type dan voice record atau rekaman suara sebesar 10 Kb, sehingga sangat bermanfaat saat pengguna sedang tidak bisa mengetik pesan. Pengguna bisa merekam suara atau ucapan dengan durasi sekitar 5 detik dan mengirimkan kepada lawan chatt dengan mudah.
Fitur customize theme untuk pengguna tingkat advanced dapat digunakan untuk membuat dan merancang theme sendiri sesuai dengan minat dan kebutuhan, hanya dengan image editing software dan tentu saja ide-ide pengguna.
Fitur geotag pada Blackberry yang dilengkapi GPS, dapat memberikan keterangan pada foto-foto yang di ambil berupa informasi lokasi saat foto diambil, sehingga fungsi geotag ini pada kasus-kasus tertentu sangat bermanfaat untuk memecahkan suatu masalah, misalnya mengungkap kasus kejahatan.
Tampilan akses multimedia baik video, audio, gambar maupun rekaman sudah terintegrasi dan sangat sederhana, sehingga dapat dengan mudah dan nyaman digunakan oleh pengguna bahkan seorang anak kecil sekalipun.

#. Kekurangan Blackberry :

1. Fitur :
Fungsi rekaman native (voice recorder) dinilai jelek oleh banyak kalangan, dimana hanya mampu merekam dengan durasi 10 menit dan dalam format yang tidak umum (misal: mp3, wav), sementara software pengganti belum banyak dan hanya VR+ dari shapeservice yang dijual dengan harga yang cukup mahal.
Pada blackberry dengan keyboard qwerty, spell check yang membantu pengecekan kesalahan ketik hanya dapat berjalan jika selesai diketik semua. Padahal kesalahan ketik seharusnya dapat kita check saat melakukan pengetikan.

2. Browser
Web browser bawaan Blackberry tidak sempurna menampilkan webpage yang mengandung javascript dan konten animasi, sehingga harus menggunakan software pihak ketiga , misalnya Mini Opera untuk mengatasi masalah ini.

3. Software :
Seluruh software dari pengembang pihak ketiga terinstall bersama didalam memory internal, sehingga dengan memory internal (RAM) Blackberry yang terbatas, tidak banyak software pihak ketiga yang dapat diinstall (terutama pada Blackberry tipe lama), walaupun sudah tersedia software yang dapat memindahkan instalasi software pihak ketiga pada memory card, tetapi pada saat digunakan program pihak ketiga tetap saja di load di internal memory (RAM).
Software dari pengembang pihak ketiga yang terinstall tidak otomatis terbackup saat pengguna melakukan backup, sehingga harus dilakukan trik khusus untuk membackup software pihak ketiga ini. Jika tidak, pengguna harus menginstall kembali software pihak ketiga  setelah anda melakukan upgrade/downgrade OS sehigga bisa di bilang ribet alias tidak praktis.

4. Email
Sinkronisasi antara email di Blackberry dan di server, terutama untuk email yang sudah di delete di Blackberry sering tidak bekerja dengan baik, sehingga sering kali email yang sudah didelete di Blackberry dan dipurge serta reconsile (dari menu Reconsile), tetap tertarik muncul di mail client PC/Laptop pengguna. Hal seperti ini tentunya sangat menjengkelkan karena pengguna harus memeriksa kembali mana email yang harus di delete kembali maupun yang tidak di delete di Blackberry untuk di arsipkan di mail client PC/Laptop pengguna.
Demikian menurut beberapa kalangan pengguna dan pengamat teknologi tentang beberapa kelebihan dan kekurangan Blackberry.


http://daftarhargablackberry.com/kelebihan-dan-kekurangan-blackberry/


3. *Metode Failure Mode and Effect Analysis pada Blackberry


*Fishbone Diagram pada Blackberry

1.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar